Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Islam Malang sukses meraih pendanaan pada ajang bergengsi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) KEMENDIKBUDRISTEK Tahun 2021 dengan tema pengobatan jerawat menggunakan biji mangga. Azis Mawardi, selaku ketua tim PKM- Riset Eksakta (RE) menyebutkan memiliki kulit wajah yang sehat merupakan dambaan bagi setiap manusia. Jerawat adalah salahsatu masalah kulit yang sering muncul saat kita remaja. Permasalahan kulit yang sering muncul salah satunya adalah jerawat. Meski jerawat tidak mengancam kehidupan, tetapi hal ini berdampak serius terhadap kondisi psikologis jika tidak segera ditangani.
Beranjak dari permasalahan tersebut, Tim PKM beranggotakan Thiya Fathiyatul Fauziyah (FMIPA), Rossa Martha Wulandari (FMIPA) dan Nabilah Miftachul Khoiriyah.(FAPERTA) mendesain obat jerawat dari kulit mangga melalui pendekatan bioinformatika. Beberapa riset menunjukkan biji mangga memiliki bioaktivitas sebagai antibakteri dan kaya antioksidan, sehingga kami mengangkat biji mangga yang oleh orang lain dibuang dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat.
Tantangan dari ide ini adalah bagaimana menemukan agen penyebab jerawat yang tepat dan bagaimana interaksinya dengan bioaktif dalam biji mangga sehingga menghasilkan desain virtual dengan struktur 3 dimensinya. Pendekatan bioinformatik ini melibatkan berbagai disiplin ilmu dan dipercaya database berbasis in silico akan mengendalikan masa depan ungkap Ibu Nurul Jadid Mubarakati, selaku dosen pendamping.
Pewarta : Azis Mawardi

Recommended Articles