Pandemi bukan menjadi penghalang bagi Tim PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora) Universitas Islam Malang untuk terus berprestasi. Tim yang terdiri dari Nur Nabilah Syahrur Rohmah, Intan Dwi Cahyani, dan Oryza Lisativani Fatimah menguji sejauh mana pengaruh pendekatan Methaporical Thinking terhadap peningkatan pemahaman konsep aritmatika pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid -19.

MTS Putra-Putri Lamongan yang menjadi tempat penelitian ini dilaksanakan menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa Pendidikan matematika ini. “Pandemi talah menuntut semua sektor untuk dapat beradaptasi, termasuk juga sektor pendidikan, kami sebagai mahasiswa pendidikan matematika mengambil peran untuk terus memperbaiki mutu pendidikan, salah satunya melalui penelitian ini” ujar Nabilah, ketua tim. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Surya Sari Faradiba, S.Si., M.Pd, tim yang terdiri dari mahasiswa prodi Pendidikan matematika ini mengembangkan model pembelajaran Metaphorical Thinking yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika secara daring di era pandemi, “Hasil penelitian ini semoga mampu membawa angin segar bagi siswa MTS Putra-Putri Lamongan yang sudah jenuh belajar matematika secara daring hampir dua tahun ini,” ujar Oryza, anggota tim. Kedepannya, tidak menutup kemungkinan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa lain yang membutuhkan.

Artikel yang Direkomendasikan