UKM Cinta Tanah Air Unisma Melakukan Penyuluhan anti NAPZA kepada siswa siswi Sekolah Menengah Pertama Ma’arif 01 Nurul Muttaqin, Tlogowaru, Kec, Kedungkandang Kota Malang

UKM Cinta tanah air UNISMA telah melakukan pengabdian masyarakat dan kepedulian sosial dalam bentuk penyuluhan anti NAPZA kepada siswa siswi Sekolah Menengah Pertama Ma’arif 01 Nurul Muttaqin, Tlogowaru, Kec, Kedungkandang Kota Malang, sabtu (14/12/2019).
Adapun penyuluhan dilaksanakan di dalam Masjid dengan jumlah siswa 230 orang. Pada saat penyuluhan siwa dan siswi diberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini.

Penyuluhan Anti NAPZA yang dilakukan terhadap siswa siswi yang beranjak remaja ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan tentang bahaya narkoba saja, melainkan juga mengajarkan tentang pentingnya pola hidup sehat dan memilih pergaulan yang aman serta diajarkan juga untuk senantiasa melakukan hal yang positif. Karena persoalan pada anak usia ini adalah mereka ingin mengenal hal-hal baru sehingga bila salah memilih teman atau pergaulan akan menimbulkan perilaku yang disebut kenakalan remaja. Pada saat tanya jawab penyuluhan beberapa siswa laki laki sudah pernah melakukan kenakalan remaja tingkat ringan seperti merokok. Hal ini sangan mengkhawatirkan karena akan berlanjut pada kenakalan remaja tingkat sedang dan berat sehingga harus diberikan suatu penyuluhan yang baik dan berkelanjutan.

Adapun hambatan dan kekurangan selama pelaksanaan kegiatan penyuluhan antara lain, dikarenakan tempat yang digunakan adalah masjid maka suara saat menjelaskan materi sedikit bergema dan keterbatasan waktu karena siswa siswi yang mengikuti kegiatan penyuluhan ini sebelumnya melaksanakan kegiatan pramuka. Namun semuanya dapat diatasi dengan sikusi yang menarik dan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa siswi.
Kegiatan ini akan berlanjut setiap adanya tahun ajaran baru sebagai tindak tanjut kerjasama antara UKM Cinta tanah air UNISMA dengan pihak sekolah. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama antara para relawan UKM Cinta tanah air dengan kepala sekolah SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin dan beberapa guru d hati hatian staff.

-Tedo dina wahyu aris candra-

Translate »