Profil RPA

PROFIL UKM KAMAPALA “RANTI PAGER AJI” UNISMA

 

 

ARTI DAN MAKNA LAMBANG

KELUARGA MAHASISWA PECINTA ALAM

“Ranti Pager Aji”

UNIVERSITAS ISLAM MALANG

 

  1. WARNA DASAR HIJAU                                              : Warna alam, kedamaian, kesejukan.
  2. TIGA JALUR GELOMBANG                                      : Tiga unsur alam (Air, Tanah, Udara), dasar KMPA-RPA (Tri Dharma Perguruan Tinggi).
  1. SEMBILAN LEKUK GELOMBANG                         : Penyebaran agama islam di Indonesia oleh sembilan wali.
  1. DELAPAN PENJURU MATA ANGIN                      : Dalam organisasi ini mempunyai arah dan tujuan yang pasti dalam aktivitasnya.
  1. WARNA MERAH PUTIH PADA MATA ANGIN  : Warna Bendera Republik Indonesia.
  1. PETA DUNIA                                                                   : Ruang lingkup dalam aktivitasnya tidak terbatas pada satu daerah tujuan saja melainkan sampai penjuru Dunia.
  1. GUNUNG WARNA BIRU                                             : Keagungan dan Kebesaran Allah.
  2. SALJU PADA PUNCAK GUNUNG                            : Harapan dan cita – cita organisasi.
  3. WARNA PUTIH SALJU                                                : Melambangkan kesucian.
  4. SIMBOL TALI MELINGKAR DENGAN SIMPUL FISHERMAN WARNA KUNING EMAS :
  5. SIMBOL TALI MELINGKAR DENGAN SIMPUL TALI MEINGKAR : Menunjukkan suatu persaudaraan yang erat khususnya sesama anggota dan sesama Pecinta Alam yang berazaskan kekeluargaan.
  6. WARNA KUNING EMAS : Ikatan persaudaraan yang tidak pernah pudar.
  7. BENTUK TALI OVAL MELINGKAR : Sesuai dengan bentuk pola Dunia.

 

 

SEJARAH

Sebelum berdirinya Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Ranti Pager AjiUniversitas Islam Malang organisasi ini di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yaitu tepatnya pada tahun 1986 dan setelah terbentuk organisasi ini sempat vakum selama 3 tahun.

Tahun 1989 organisasi berdiri kembali berdasarkan Surat Keputusan Badan Koordinasi Kemahasiswaan Nomor : 140/L.16/U.IX.1989 tentang Pengangkatan Pengurus Unit Aktivitas. Surat Keputusan ini merupakan awal dari keberadaan Keluarga Mahasiswa Pecinta AlamRanti Pager AjiUniversitas Islam Malang dan selanjutnya tanggal 10 Desember 1989 organisasi ini diresmikan oleh bapak Pembantu Rektor III Universitas Islam Malang, Drs. H. Abdul Ghofir yang selanjutnya disusul dengan turunnya Surat Keputusan Badan Koordinasi Kemahasiswaan Nomor : 04/L.16/U.II/1990 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Keluarga Mahasiswa Pecinta AlamRanti Pager AjiUniversitas Islam Malang.

Nama Keluarga Mahasiswa Pecinta AlamRanti Pager AjiUniversitas Islam Malang merupakan nama pemberian dari Rektor Universitas Islam Malang yang pertama yaitu Bapak KH. Oesman Manshoer (Alm). Adapun kepanjangan dari KAMAPALA adalah Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam, sedangkan “Ranti Pager Aji”  diambil dari Bahasa Sansekerta yang mempunyai arti :

Ranti           : berasal dari kata piranti yang artinya adalah alat

Pager           : artinya pelindung

Aji               : berarti sesuatu yang berharga (kebaikan)

Jadi secara lengkap “ranti pager aji” adalah suatu alat untuk melindungi kebaikan.

 

TUJUAN

Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam “ Ranti Pager Aji “ Universitas Islam Malang, bertujuan membina mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT. Cinta almamater, melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi dan membentuk mahasiswa yang berkepribadian luhur, kreatif, dinamis serta ikut bertanggung jawab atas pelestarian, keselarasan dan keseimbangan alam yang berwawasan lingkungan hidup.

USAHA

  1. Menanamkan dan mengamalkan dasar, azas, dan sifat untuk mencapai tujuannya.
  2. Membina Pribadi anggota untuk berusaha mengenal, melestarikan dan memanfaatkan alam, serta memupuk jiwa cinta tanah air.
  3. Membina, mengembangkan potensi kreatif dan keilmuan mahasiwa.
  4. Berperan serta secara aktif dalam pengabdian kepada masyarakat.
Translate »