Profil KOPMA

Koperasi Mahasiswa “ Ilham Ramadhan” Universitas Islam Malang

 

 

SEJARAH

Pada dasarnya KOPMA adalah institusi (lembaga) yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional dan kerjasama antar mahasiswa. KOPMA Ilham Ramadhan merupakan Unit Kreativitas Mahasiswa yang berada di lingkup Universitas Islam Malang. Sebagai sarana pengembangan potensi mahasiswa dalam berwirausaha dan berorganisasi.

Lahirnya KOPMA “ Ilham Ramadhan” berawal dari gagasan perlunya pemenuhan kesejahteraan mahasiswa melalui Unit usaha yang berlandaskan atas dasar kepentingan bersama dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota.

Sejak tahun 1990-an setiap mahasiswa UNISMA diwajibkan memberikan sumbangan dana koperasi yang dikelola dalam bentuk unit usaha. Tetapi dalam pengelolaannya belum ada suatu kejelasan. Dari ketidak jelasan ini, pihak kepresidenan mahasiswa berinisiatif untuk menelusuri kejelasan dan transparansi dana tersebut. Ternyata dana itu dikelola oleh koperasi karyawan. Hasil penelusuran tersebut menimbulkan suatu pertanyaan “ kenapa sumbangan dana koperasi yang diperoleh dari mahasiswa dikelola oleh koperasi karyawan? Seharusnya dana yang diperoleh dari mahasiswa dikelola oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa sesuai dengan asas koperasi” . Atas dasar ini dilakukanlah musyawarah yang dihadiri oleh perwakilan DPM dan LGM dari setiap fakultas.

Pihak kepresidenan terdorong untuk memperjuang-kan atau mensejahterakan mahasiswa, maka dibentuk-lah tim khusus yang terdiri dari beberapa perwakilan fakultas yang masing-masing dua orang. Tim inilah yang kemudian mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Badan Pengelola Keuangan Mahasiswa (BPKM) untuk mengadakan pelatihan tentang perkoperasian pada tanggal 26-29 april 2001 di Aswaja Center Bumiaji Batu. Selesai mengadakan kegiatan pelatihan tim khusus ini melakukan musyawarah yang kemudian timbullah embrio cikal bakal berdirinya Koperasi mahasiswa. Tidak bisa dipungkiri jika pada tanggal 29 April 2001 didirikanlah koperasi mahasiswa beserta pengurusnya yang berjumlah sekitar 14 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing fakultas di UNISMA. Kemudian secara musyawarah di tunjuklah mahasiswa Fakultas Agama Islam bernama Hamim Ramadhan sebagai ketua umumnya.

Berdirinya KOPMA belumlah secara resmi mendapatkan pengakuan yang sah berupa SK dari rektor UNISMA. Dengan semangat yang tinggi pengurus KOPMA yang terpilih tak henti- hentinya memperjuangkan untuk mendapatkan SK sebagai UKM. Berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan melakukan demo damai mendirikan tenda sebagai wujud kesungguhan akan didirikannya KOPMA hingga audiensi pengurus kopma dengan pihak rektorat. Audiensi ini dilakukan secara terus menerus hingga diperolehnya kesepakatan antara lain :

  1. Pihak rektorat bersedia membangunkan gedung untuk usaha KOPMA
  2. Bersedia memberikan bantuan pinjaman berupa modal sebesar Rp. 15.000.000, yang pencairannya dilakukan secara

Tanggal 25 November 2001 merupakan hari bersejarah bagi KOPMA. Pada tanggal itu secara resmi KOPMA disahkan dengan SK rektor dan pengurusnya dilantik oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Bpk. Fatih di Hall Oesman Mansoer. Koperasi Mahasiswa ini diberi nama Koperasi Mahasiswa “ Ilham Ramadhan” . Nama Ilham Ramadhan diambil dari dua unsur yang berbeda, yakni “ Ilham” dan “ Ramadhan” . Ilham memiliki makna dari besarnya perjuangan dan proses yang sudah dilalui dalam mendeklarasikan KOPMA sebagai UKM yang sah di lingkup UNISMA, sehingga pengurus merasa mendapatkan sebuah ilham (hidayah) dalam titik perjuangan pendiriannya. Sedangkan Ramadhan sendiri diambil dari tanggal disahkannya KOPMA dengan SK Rektor pada tanggal 25 November 2001 yang bertepatan pada bulan ramadhan. Tidak berhenti sampai disana saja, karena bangunan yang diberikan sebagai tempat usaha oleh pihak rektorat masih belum memiliki fasilitas yang memadai untuk memulai sebuah usaha. Pada tahun 2002 pengurus berusaha keras melengkapi kekurangan fasilitas dari tempat usaha. Dari segi organisasi, pengurus megadakan diskusi tentang perkoperasian serta membangun jaringan KOPMA. Sehingga pada tahun 2003 kegiatan usaha KOPMA “ Ilham Ramadhan” dapat dioperasionalkan dengan unit usaha retail dan konsinyasi. Lambat laut usaha ini berkembang dengan pesat, melalui investasi yang diberikan oleh investor, KOPMA mampu menambah unit usahanya berupa foto copy dan wartel.Sebagai organisasi kemahasiswaan, orientasi kopma pada waktu itu berfokus pada pengembangan usaha. Sehingga secara pengembangan sumber daya anggotanya masih belum maksimal.

VISI

Menjadi Koperasi Mahasiswa yang bertaraf internasional, berdaulat secara organisasi,

berdikari dalam berkoperasi, berkepribadian budaya koperasi dan Ahlus Sunnah Wal Jama’ ah.

MISI

  1. Mencetak kader koperasi sebagai kader bangsa untuk agen perubahan
  2. Menjadikan KOPMA “Ilham Ramadhan” yang memiliki daya saing untuk kemandirian organisasi
  3. Peningkatan kualitas Sumber Daya Anggota melalui pendidikan, pelatihan dan prestasi dalam berkoperasi
  4. Meningkatkan hubungan yang harmonis dan sinergis dengan pihak internal maupun eksternal melalui intensitas informasi
  5. Penguatan sistem kelembagaan organisasi dan usaha secara profesional berbasis
  6. Mengembangkan unit usaha yang dimiliki melalui kerjasama dan perluasan
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor usaha
  8. Menanamkan prinsip-prinsip, sejarah dan jati diri koperasi kepada
  9. Penanaman jiwa entrepreneur muda melalui pendidikan dan pelatihan
  10. Penguatan karakter anggota koperasi berdasarkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

TUJUAN

  1. Menciptakan dan menumbuhkembangkan kesejahteraan anggota pada khususnya, civitas akademika univeritas islam malang dan kemajuan daerah kerja pada umumnya dalam rangka menggalang terlaksananya masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila;
  2. Menjadi gerakan ekonomi kerakyatan serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional
Translate »