UKM PSMBA Menggelar Diklat Dasar Paduan Suara ke – XXIV

Jumat (6/03/2020) – Unit Kreativitas Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Bunga Almamater Universitas Islam Malang (UKM PSMBA) menggelar Diklat Dasar Paduan Suara ke – XXIV sebagai syarat peresmian anggota baru. Diklat dasar ke- XXIV ini berlangsung selama tiga hari yang berlangsung ditempat  indoor dan outdoor. Hari pertama, bertempat di Ruang Seminar Syaikhona Kholil Universitas Islam Malang, kemudian pada hari kedua hingga ketiga dilaksanakan di Bumi Perkemahan Coban Talun, Kota Batu pada tanggal 7-8 Maret 2020.

Pada hari pertama, Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd, selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Islam Malang membuka acara Diklat Dasar Paduan Suara XXIV yang memiliki tema “Mencetak Generasi Profesional, Idealis, dan Berkomitmen Tinggi”. Berdasarkan tema tersebut, peserta diklat diharapkan dapat mencetak generasi paduan suara yang berpendidikan, berkreasi, dan berdikasi dalam bertindak serta dengan pengalaman yang mereka punya akan menunjukkan bahwa di Universitas Islam Malang memiliki generasi paduan suara yang profesional, idealis, dan berkomitmen tinggi.

Pembukaan acara tersebut seperti biasa diawali dengan pembacaan do’a, sholawat nuril anwar, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathon dan Hymne Unisma. Untuk menambah wawasan peserta, mereka diberikan tiga materi dasar sebagai bekal untuk menjadi anggota baru. Diawali dengan materi keadministrasian yang dibawakan oleh Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd, dan juga sejarah PSMBA sekaligus pendidikan karakter organisasi oleh Lilis Yuliana, S.Sos.

Tiga puluh tiga peserta terbagi menjadi lima kelompok dengan berbagai karakteristiknya. Yang pertama yaitu kelompok Brass, Celo, Piccolo, Clarinet, dan juga Saxophone. Pada malam hari, panitia menguji kementalan para peserta dengan melakukan street performance di sekitar area Universitas Islam Malang. Selain menguji kementalan, hal ini dimaksudkan agar mereka mengerti bahwa untuk menghasilkan suatu hasil yang maksimal dibutuhkan usaha yang gigih dan pantang menyerah.

Pada hari kedua, diklat outdoor dilaksanakan di Bumi Perkemahan Coban Talun, Batu. Para panitia dan peserta mengadakan upacara pembukaan terlebih dahulu di halaman belakang Universitas Islam Malang sekaligus diberangkatkan oleh salah satu Penasehat UKM PSMBA, Yosi Hudaya Putra.

Sesampai disana, peserta menuju tenda untuk beristirahat terlebih dahulu agar mereka tidak terlalu lelah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan berikutnya. Memasuki kegiatan pertama diklat outdoor, panitia menghimbau peserta menuju aula untuk mendapatkan materi khusus dari para pemateri. Sebelum itu, pengurus UKM PSMBA  memperkenalkan tugas pokok dan fungsi kepengurusan pada tahun 2020 agar para calon anggota dapat memahami struktur kepengurusan organisasi yang ada pada UKM PSMBA tersendiri.

Inilah konsep baru yang diterapkan pada Diklat Dasar Paduan Suara XXIV ini, yaitu materi dari pelatih kita, Lucky Agus Saputra yang membawakan materi tentang Singing Anatomy for Better and Healthier Singing. Para peserta sangat antusias dalam mempelajari materi tersebut karena ilmu yang didapat bukan hanya bernyanyi dengan baik tetapi mereka juga diajarkan agar bernyanyi dengan sehat melalui teknik yang diajarkan.

Pada malam hari, peserta disajikan kembali oleh materi keorganisasian yang dibawakan oleh Moh. Tomar, S.Pd. untuk memperdalam wawasan dalam hal bekerjasama dalam tim. Setelah semua materi telah terselesaikan, panitia menggelar sebuah mini konser bagi peserta diklat. Lagu yang dipersembahkan oleh peserta antara lain adalah This is Me, Firework, Kopi Dangdut, dan Janger untuk mengevaluasi perkembangan peserta dari saat latihan rutin hingga mini konser. Tak kalah juga para panitia menutup agenda mini konser dengan membawakan dua lagu khas dari UKM PSMBA, yaitu Kita Memang Beda dan ABIBED.

Minggu (8/3/2020) pagi, untuk menguji wawasan dan ilmu peserta yang sudah diberikan sebelumnya oleh para pemateri, peserta diberikan pengayaan materi dan sebuah renungan malam dengan api unggun agar bisa lebih memperkuat materi dan meningkatkan komitmen yang dimiliki. Terlihat sekali antusias para peserta yang turut mensukseskan acara ini. Hingga tibalah pada puncak acara Diklat Dasar Paduan Suara XXIV, dengan ditutup Upacara Pembaiatan yang dibina oleh M. Syafi’i As’ad, S.Si., M.Si. diikuti para peserta dan panitiia serta penasehat dan anggota istimewa UKM PSMBA. Denga suasana bahagia dan haru, upacara ini berlangsung hikmat dengan adanya sumpah baiat anggota baru, cium bendera dan juga siraman bunga sebagai peresmian anggota baru UKM PSMBA.

Translate »