UKM PSM-BA Unisma Komitmen Pertahankan Sebagai UKM Berprestasi

UKM PSM-BA Unisma Komitmen Pertahankan sebagai UKM Berprestasi

Paduan Suara Bunga Almamater merupakan suatu Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) yang berdiri sejak tahun 1992. Berdirinya diawali dengan malam pagelaran seni dan lawak yang diadakan mahasiswa FKIP pada bulan agustus 1983. Pada acara tersebut terbentuk kelompok suara (Vocal Group) yang terdiri dari beberapa orang. Akhirnya dengan kesepakatan bersama, terbentuklah paduan suara dan teater di lingkungan FKIP. Hingga Akhirnya pada tahun 1986 membuahkan sebuah lagu yang dikenal sebagai Mars Unisma dan Hymne Unisma yang diciptakan oleh “Ibu Sri Suci Windiarti Sujatmiko”. Tepat pada hari Rabu, 13 Mei 1992 pukul 12.30 WIB Bapak PR III Drs. H. Abd. Ghafur mengesahkan Unit Kreativitas Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Universitas Islam Malang di lingkungan kampus.

Di dalam Unit Kreativitas Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Universitas Islam Malang selalu  mengutamakan kekeluargaan dan memiliki keunggulan selain mempelajari keilmuan dan aplikasi dari paduan suara juga mempelajari keorganisasian yang bermanfaat untuk dunia kerja. Penerapan ilmu-ilmu tersebut diperoleh dari program kerja pengurus seperti latihan rutin, latihan event, latihan konser dan lomba,  latihan alam, latihan outdoor, pelatihan alat musik dan sibelius, kelas dasar. Sedangkan untuk ilmu organisasi didapatkan dari pendidikan dan pelatihan organisasi, pelatihan marketing yang mana ilmu tersebut dapat diterapkan masing-masing individu.

Unit Kreativitas Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Unisversitas Islam Malang atau disingkat UKM PSMBA UNISMA ini telah berulang kali mengikuti lomba dan mengukir prestasi mulai dari tingkat Jawa Timur-Bali, tingkat Nasional hingga tingkat Internasional diantaranya:

  1. Berhasil Meraih “PERINGKAT 9” dalam Paduan Suara Rector Cup VII Universitas Jember 2014 Kategori Umum dan Perguruan Tinggi Tingkat se-Jawa dan Bali.
  2. Berhasil Meraih “MEDALI PERUNGGU A” dalam Satya Dharma Gita National Choir Festival (SDGNCF) 2015 Universitas Diponegoro Kategori Foklore dan Mixed Choir.
  3. Berhasil Meraih “MEDALI PERAK” dalam Lomba Paduan Suara Sapta Gita 2016 Universitas Semarang Kategori Female Choir.
  4. Berhasil Meraih “GOLD MEDAL” dalam Festival Paduan Suara Penabur International Choir Festival Jakarta Utara 2017 Kategori Foklore.
  5. Berhasil Meraih “SILVER MEDAL” dalam Festival Paduan Suara Penabur International Choir Festival Jakarta Utara 2017 Kategori Mixed Youth Choir.
  6. Meraih “ MEDALI EMAS” dalam Festival Paduan Suara Gita Buana Soedirman III di Purwokerto 2018 Kategori Lagu Rakyat
  7. Meraih “MEDALI PERAK” Festival Paduan Suara Gita Buana Soedirman III di Purwokerto 2018 Kategori Lagu Paduan Suara Dewasa
  8. Meraih Juara III Lomba UM Choral Festival
Translate »