Tingkatkan Kapasitas Anggota, UKM KSR-PMI Unit Unisma Bahas PSP dan DU

PHSA Online (Pendalaman Hard Skill Anggota) adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh UKM KSR-PMI Unit Universitas Islam Malang. Tujuan dari kegiatan PHSA yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, bakat dan skill anggota KSR-PMI Unit Universitas Islam Malang. PHSA dalam kesempatan kali ini menggunakan media virtual meeting yaitu google meet.

Ketua Umum KSR-PMI Unit UNISMA yaitu Nur Chamila mengatakan bahwa PHSA ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan KSR-PMI Unit UNISMA setiap tahun. PHSA kali ini mengambil dua materi yang menarik dan disampaikan oleh pemateri yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

“Pada PHSA kali menggunakan konsep yang berbeda yaitu mengambil materi Psychosocial Support Program (PSP) yang pematerinya sudah tersertifikasi yaitu dari KSR-PMI Unit Universitas Jakarta dan juga ada materi Dapur Umum (DU) yang diisi pemateri dari KSR-PMI Unit Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Kedua materi ini kami sajikan dengan menggunakan media google meet,” terang Nur Chamila.

Perlu diketahui bahwa Psychosocial Support Program merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang pemberian support kepada seseorang yang membutuhkan  dukungan psikososial dalam keadaan yang krisis seperti dalam bencana, seperti dalam kondisi pandemi covid-19 ini perlu adanya dukungan psikis agar seseorang tidak terlalu stress dan dapat memanfaatkan waktu di rumah saja dengan kegiatan yang bermanfaat. Dalam materi Dapur Umum mempelajari tentang penyelenggaraan penyediakan makanan yang kemudian dapat dibagikan kepada korban bencana.

Kegiatan PHSA kali ini dilaksanakan pada Minggu, 28 Juni 2020. Dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Pada kegiatan ini berjalan dengan adanya penyampaian materi dan diskusi. Pemateri dan peserta dapat berinteraksi maupun berkomunikasi langsung melalui fitur video dan audio yang terdapat dalam google meet. Dalam diskusi yang berlangsung dilanjutkan dengan sharing atau berbagi pengalaman dari para pemateri.

Harapannya untuk PHSA kali ini teman-teman dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh pemateri. Sehingga meskipun kita belum bisa menjalankan PHSA secara tatap muka teman-teman tetap mendapatkan ilmu kepalangmerahan terlebih pada PSP yang bisa diterapkan pada masa pandemi ini,” tutup Nur Chamila.

Translate »