SWEAT (Social Working and Extra Teaching)

Pada 25 September 2021 ESA UNISMA dengan resmi menutup kegiatan SWEAT yang sudah dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu sejak pembukaannya pada 30 Agustus lalu. Kegiatan SWEAT kali ini berja;an dengan konsep yang cukup berbeda pelaksanaannya dari tahun – tahun sebelumnya. Dilatarbelakangi pandemi COVID-19 kegiatan SWEAT kali ini dilakukan secara daring/online via Zoom meeting dan WhatsApp G.

SWEAT (Social Working and Extra Teaching) sendiri merupakan salah satu program kerja ESA yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk pendalaman materi ke-Bahasa Inggris-an bagi pelajar tingkat SMP hingga SMA sederajat. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para anggota ESA yang tidak lain dan tidak bukan merupakan mahasiswa pendidikan.

Materi ajar yang disediakan dalam kegiatan Extra Teaching sendiri merupakan 3 aspek penting dalam Bahasa Inggris yaitu Speaking, Listening, dan Grammar. Namun kali ini kelas hanya dibagi menjadi 2 kelas yakni Grammar yang berisikan 12 peserta serta kelas Speaking yang berisi sebanyak 22 peserta. Tetapi hal ini tidak serta merta mengabaikan materi Listening yang tetap diberikan di setiap kelas dengan konsep fun learning.

Menghadirkan tutor dari internal ESA, memberi kesan santai dalam pelaksanaannya. Hal ini sekaligus menjadi kesempatan bagi anggota ESA untuk terus mengembangkan skill mengajarnya dalam dunia Bahasa Inggris.

Kemudian, ditengah – tengah berjalannya kegiatan Extra Teaching yang diadakan secara Online beberapa anggota ESA juga mengadakan kegiatan Social Working dengan membagikan sebanyak 35 paket sembako beserta masker di 2 titik berbeda. Social Working yang dilaksanakan pada Minggu, 19 September tersebut dimulai dengan pendistribusian sembako di Desa Kalisongo, Kec. Dau dan Desa Supit Urang, Kec. Wagir.

Tanpa mengabaikan protokol kesehatan, pendistribusian sembako dilakukan dengan metode door to door. Melalui metode tersebut, kedatangan team ESA disambut oleh antusiasme warga Desa Supit, Kec. Wagir. Beberapa anggota disebar untuk menghindari kerumunan warga di desa tersebut.

Menjelang penutupan kegiatan SWEAT, Mr. Eko Suhartoyo selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan sambutan sekaligus memberikan apresiasi atas kelancaran terlaksananya kegiatan SWEAT yang dilakukan di tengah masa pandemi seperti sekarang ini.

Di penghujung acara, tak lupa pemberian hadiah untuk 2 peserta terbaik di setiap kelas dilakukan sebagai bentuk apresiasi panitia atas keseriusan peserta dalam berpartisipasi pada kegiatan Extra Teaching.

Pemberian apresiasi dari berbagai pihak tidak lantas membuat ESA UNISMA merasa puas begitu saja. Hal ini justru menjadi lecutan untuk ESA semakin baik kedepannya dalam menjalankan segala program kerja yang sudah disusun.