Raih Program RKM, UKM KOPMA IR Unisma Anak Warga Sukoliso Membatik

Wajak – Tim RKM dari UKM Kopma IR Unisma menggelar pelatihan batik. Kali ini sasarannya ibu-ibu Kelompok PKK dari Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini berlangsung dua hari. Yakni 27-28 Januari 2020. Ada sekitar 15 ibu-ibu yang menjadi peserta pelatihan.

“Pelatihan ini untuk mengembangkan industri kreatif batik malangan. Selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sukolilo,” ujar M. Muzammil, ketua UKM Kopma Ir Unisma.

Meski sederhana, pelatihan ini berlangsung gayeng. Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan pemberian materi terkait proses membatik desain malangan. Lalu dilanjutkan proses canting.

Hari kedua dilanjutkan dengan proses pewarnaan dan proses pelorotan. “Harapan kami dari kegiatan ini adalah masyarakat desa setempat terkhusus ibu-ibu kelompok PKK Desa Sukolilo bisa mengembangkan batik malangan. Sehingga nanti bisa mempunyai daya jual dan saing yang tinggi,” tambahnya.

Kami berharap, ke depannya akan ada pendampingan. “Kami juga akan bantu promosi,” tandasnya.

Promosi itu misalnya, diikutsertakan dalam galeri pameran maupun expo. “Ini akan sangat membantu setelah kegiatan pelatihan,” kata M. Muzammil.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan serangkaian acara Program RKM. Program ini diusulkan Tim RKM UKM Kopma IR Unisma yang didanai kampus. Judul dari Program RKM ini adalah Rumah Inovasi dan kreasi Batik Malangan sebagai Sarana Pemberdayaan dan Penggerak Ekonomi Kreatif Kelompok PKK di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. (AN)

Translate »