Profil UKM Pramuka

PROFIL UKM GERAKAN PRAMUKA

SEJARAH

Sejarah Racana Pandega Universitas Islam Malang tidak terlepas dari berdirinya Universitas Islam Malang sebagai almamater dan sebagai Pangkalan Gerakan Pramuka. Diawali bertemunya Rektor Unisma waktu itu Prof. Tholchah Hasan, dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang waktu itu dijabat Mayjen TNI Purn. Mashudi, pada suatu acara kenegaraan di Jakarta. Dimana KaKwarnas melontarkan gagasan pada Rektor Unisma untuk menjadikan Unisma sebagai pilot project atau percontohan Pramuka Islam di Indonesia.

Selanjutnya Rektor Unisma melontarkan gagasan tersebut pada segenap civitas akademika Unisma, gayung bersambut gagasan tersebut langsung ditindak lanjuti oleh para aktifis Kepramukaan di Unisma, dari kalangan mahasiswa dimotori oleh Ir. Ahcmad Anas, mahasiswa fak.Teknik, Syamsul Hadi, Ssi, mahasiswa Fak.Mipa, M. Cholili, SPd, mahasiswa FKIP, dan dari kalangan dosen dimotori oleh Bapak Drs. Moch Ichsan Hafi, SPd, yang kebetulan sudah menjadi Korp Pembina Pelatih di Kwartir Cabang Kota Malang. Para jajaran perintis inilah yang selanjutnya secara inten membentuk gugus depan Pramuka Unisma dan secara berkala melakukan pembinaan Pramuka di Unisma.

Diawali pada tahun 1988 Gerakan Pramuka Unisma menjadi gugus depan Persiapan Kwarcab Kota Malang, dan pada tahun 1991 Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Universitas Islam Malang menjadi Gugus Depan Pramuka resmi Kwarcab Kota Malang dengan Nomor Gudep 04361 untuk putra dan 04362 untuk putri. Upacara pelantikan Kamabigus dan peresmian nomor gugus depan langsung dilaksanakan oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Malang kepada Prof. M Tholchah Hasan yang saat itu menjadi Rektor Unisma.

VISI

“Wadah pilihan utama dan solusi handal masalah kaum muda dan mahasiswa”

MISI

  1. Menanamkan nilai-nilai kepramukaan kepada kaum muda dan mahasiswa.
  2. Membina       anggota     menjadi     manusia     yang    berwatak, berkepribadian dan berbudipekerti luhur serta kecakapan hidup  (life  skill)  berlandaskan  iman  dan  takwa  kepada  Tuhan  Yang   Maha Esa dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi.
  3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang berjiwa  Pancasila dan siap sedia untuk bela Negara.
  4. Menggerakan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka untuk  lebih  peduli  dan  tanggap  terhadap  masalah  kemasyarakatan  dan lingkungan.
  5. Memperkokoh         eksistensi     organisasi    selaras     dengan perkembangan kehidupan yang dinamis.
  6. Memperkokoh jejaring kerjasama dengan berbagai organisasi dan instansi di dalam dan di luar kampus.

TUJUAN

Kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.Kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jasmani yang sehat dan kuat, kepedulian terhadap lingkungan hidup. Warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dannegara.

Translate »