Profil Panorama

PANORAMA PHOTOGRAPHY

SEJARAH

Sejarah Berdirinya UKM Panorama Photography

Bermula dari obrolan “warung kopi” pada aktifis Unisma yang tergabung dalam pers mahasiswa yang sedang mengadakan PLASTIKAL (Pendidikan dan Pelatian Singkat Jurnalistik Alam dan Lingkungan) yang diselenggarakan oleh UKPM (Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Unisma) atau juga biasa disebut UKM Kanjuruan di Pacet Mojokerto pada tanggal 1-5 Desember 1996.

Ketiga orang tersebut adalah Mahbub Djunaedi (FE/M) ’92), Saiful Anam (FE/M) ’92), M. Badri (FKIP/B.Ing ‘93). Pada dasarnya UKPM sudah menjadi wadah yang pas untuk para mahasiswa yang hobi dan suka Fotografi, akan tetapi ketiga orang tersebut mencoba untuk lebih spesifik lagi.

Setelah PLASTIKALL selesai, ketiga aktifis tersebut bersama dua orang lainnya Bambang (FP’93), dan Enni (FE/A ‘93) menindaklanjuti di kampus untuk merancang dan merumuskan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia fotografi. Pada tanggal 7 Desember 1996 di tempat yang sudah dikenal mahasiswa terutama aktifis, yaitu studio 6 (JL. Simpang Tata Surya No.6 Malang) terbentuklah apa yang terjadi keinginan para mahasiswa unisma yang mempunyai hobi yang sama, dan ternamakan “PANORAMA PHOTOGRAPHY”.

Pada awal perjalanannya, UKM Panorama Photography diketuai oleh Mahbub Djunaidi, sekaligus penggagas AD (Anggaran Dasar), ART (Anggaran Rumah Tanggah) dan lambang organisasi. Di tahun ke-2 pada momentum ordik, Mahbub Junaidi bertemu dengan Moh. Roem, fotografer wedding dan hitam putih. Di tahun k2-2 Moh. Roem yang menjadi ketua sesuai dengan hasil musyawarah antara M. Nur Badri, Mahbub Junaidi dan Moh. Roem, Diklatsar (Pendidikan Dan Pelatian Dasar) 1 diselenggarakan. Dengan menghadirkan pemateri dari Himafo, Jufoc dan Focus yang sudah terlebih dulu eksis di dunia fotografi. Sejak waktu itu Diklatsar diselenggarakan tiap tahun, dilanjutkan dengan diklat lanjutan yang wajib diikuti oleh peserta Diklatsar. Karena inu yang menentukan apakah mereka yang menyandang status sebagai anggota Panorama Photography.

Keanggotaan Panorama Photography didasarkan atas Diklatsar,Diklat Lanjutan dan Pengukuhan yang diadakan Panorama.

Ada tiga kriteria keanggotaan yaitu :

  1. Anggota biasa Adalah anggota yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pengurus.
  2. Anggota Istimewa Adalah anggota yang pernah menjadi pengurus dalam Panorama Photography yang masih aktif (dalam akademik) menjadi mahasiswa Unisma.
  3. Anggota Kehormatan Adalah anggota yang pernah menjadi pengurus dalam Panorama Photography yang tidak aktif (dalam akademik) dan anggota yang berasal dari luar Unisma

 

VISI

Menjadi UKM fotografi yang unggul dalam kualitas.

MISI

  1. Menghimpun, melatih serta membina mahasiswa dan non mahasiswa yang mempunyai hobi fotografi yang sesuai dengan asas, sifat dan visi UKM Panorama Photography serta peraturan-peraturan yang berlaku dalam ART.
  2. Melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam berbagai bidang sesuai dengan asas dan sifat UKM Panorama Photography serta upaya-upaya terwujudnya cita-cita profesionalis fotography.

TUJUAN

Memberikan ruang lingkup untuk seluruh mahasiswa aktif UNISMA dalam menyalurkan minat dan bakat dalam bidang photography serta memberikan proses untuk mahasiswa agar siap untuk kerja.lapang.

Translate »