Perkuat Wawasan Perkoperasian, UKM Kopma IR Unisma ikuti acara seminar bertajuk “Transformasi Koperasi Mahasiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0”

Surabaya –  UKM Kopma IR Unisma mengirimkan 6 delegasi untuk mengikuti seminar perkoperasian yang diadakan oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) dengan tema “Transformasi Koperasi Mahasiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

Kegiatan ini berlangsung selama sehari. Yakni 4 Maret 2020. Ada sekitar 50 kopma dari seluruh Indonesia yang menjadi peserta seminar.

Seminar ini diadakan untuk me-rebranding Koperasi Mahasiswa (kopma) model lama, dimana model lama itu pengelolaan bisnis dikerjakan secara mandiri, orientasi business entity, eksklusif hanya untuk anggota, manajerial oriented, dan melayani kebutuhan mahasiswa. Sedangkan Koperasi Mahasiswa model baru, yaitu inkubasi bisnis, dikerjakan secara kolaboratif, orientasi business platform, inklusif untuk semua mahasiswa yang tertarik, enterpreneur oriented, dan menumbuhkan enterpreneur mahasiswa sehingga mampu bersaing di era revolusi 4.0

Meski seminar ini hanya singkat, Diharapkan kopma ke depan akan mampu berfungsi sebagai platform bagi anggota yang mencetak startup coop, worker coop, platform coop atau model lainnya.

Translate »