Pangdam V Brawijaya Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Ribuan Mahasiswa Baru Unisma

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe PB memberikan wawasan kebangsaan kepada ribuan mahasiswa baru di Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (2/9/2019).

Pemahaman wawasan nusantara melalui pemaknaan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI menjadi tema ceramah yang disampaikan Mayjen TNI Wisnoe PB dalam acara Oshika Maba Unisma.

Pangdam V/Brawijaya menyampaikan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya. Cara itu, menurutnya, bisa dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai satu tujuan nasional.

Menurut perwira tinggi kelahiran Surabaya ini, Bangsa Indonesia lahir tidak atas persamaan suku, asal usul, kepercayaan, ras ataupun keagamaan. Bangsa Indonesia lahir atas dasar komitmen bersama untuk menjadi bangsa yang mandiri bebas dari penjajahan.

“Setelah merdeka 74 tahun yang lalu, maka tugas generasi muda adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut menjaga perdamaian yang abadi,” bebernya.

Kehadiran Pangdam V Brawijaya di Unisma didampingi antara lain Danrem 083/Bdj Kol Inf Zainuddin, Aster Kasdam V/Brw Kol Inf Singgih, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy, dan beberapa pejabat Korem lainnya.

Terpisah, Danrem 083/Bdj Kol Inf Zainuddin menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan harus benar-benar dipahami oleh seluruh warga negara termasuk mahasiswa.

“Sehingga kita semua dapat mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tanpa memandang suku, agama, ras maupun golongan,” imbuhnya.

Sementara, Rektor Unisma Prof. Dr. H. Masykuri, M.Si menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pangdam V/Brw di Kampus Unisma.

“Kampus terbaik di Indonesia, kampus Nahdlatul Ulama, kampus di mana Unisma mengibarkan diri sebagai kampus multi kultural, mari bersama-sama dengan TNI dan mahasiswa Unisma membangun desa dengan TMD,” tegasnya.

Pangdam V Brawijaya berharap generasi muda yang juga mahasiswa Unisma ini diharapkan memiliki peran dalam mewujudkan SDM yang unggul untuk mendukung tujuan nasional yaitu Indonesia yang maju.

 

Sumber: https://www.timesmalang.com/pendidikan/88402/pangdam-v-brawijaya-beri-wawasan-kebangsaan-kepada-ribuan-mahasiswa-baru-unisma

Translate »