Menwa Unisma Malang Sukses Gelar Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Online Tingkat Nasional pertama di Indonesia

Satuan Resimen Mahasiswa 836/Macan Putih Universitas Islam Malang Sukses Selenggarakan Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Online Tingkat Nasional pertama di indonesia. 29/06/2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar wawasan kebangsaan di kalangan pemuda agar memiliki jiwa Nasionalisme, bela negara dan juga jiwa toleransi antar umat beragama di tengah-tengah pandemi covid 19.

” Wawasan kebangsaan itu sangat mutlak untuk di miliki oleh setiap warga negara Indonesia, wawasan kebangsaan tidak timbul dengan sendirinya, tetapi muncul bertahap pada diri seseorang, yaitu dengan seringnya menegakkan wawasan yang diketahuinya dan kemudian bisa diaplikasikan kepada kehidupannya sehari-hari” Ujar M.Fausen Selaku dansatgas.

Kegiatan yang bertema “Cedas Bernegara Cerdas Bela negara” di ikuti 100 peserta dari 21 perwakilian provinsi Se-Indonesia diantaranya Aceh,Medan,Riau,Sumbar,Sulawesi tengah,Sulsel,Kalimantan Utara,Kalbar,NTT,NTB,sumatera selatan,Lampung,Riau,Kepri,Bangka belitung,maluku dan Papua.dll

Untuk teknis dalam perlombaan ini menggunakan aplikasi zoom dengan sistim gugur, untuk sesi pertama dibagi menjadi 4 room didalam 1 room berisi 25 orang peserta dan 3 orang dari panitia. Masing-masing room akan di kualifikasi hingga hingga tersisa 5 orang peserta.

Drs.Teguh Santosa.M.Pd dari cabang dinas pendidikan wilayah malang dan Kapt.Kav.Suamryono Komandan Koramil Lowokwaru Malang Selaku Juri Pengawas Lomba,memberikan apresiasi mendalam atas kegiatan yang di selengarakan Menwa unisma malang terlebih lagi dilaksanakan di musim pandemi Covid-19.

“Kegiatan seperti ini, sangat mendukung peningkatan kualitas pendidikan serta menambah semangat jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada generasi milenia sa’at ini”Ujar Kapt.kav.Sumaryono selaku juri.

“Uniknya lagi,Cerdas cermat yang diadakan secara daring pertama di indonesia ,sehingga membuat para peserta tidak terbatas oleh jarak maupun wilayah untuk dapat mengikut lomba ini”Lanjutnya.


Adapun pemenang lomba Cerdas cermat online di antaranya Juara I Cindy Natalie dari SMA Budi Bakti Kalimantan Timur,Juara II Richard Ardhana Simanjuntak dari SMAN 95 Jakarta dan Juara III Rahmad Puja Safitransyah dari SMAN 1 Tanjung Palas Kalimantan Utara.

“Saya tidak menyangka pada saat pengumuman nama saya keluar menjadi pemenang pertama saya sangat terharu, mudahan kegiatan ini bisa terus belanjut untuk menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, dengan adanya kegiatan ini kami dapat berkenalan dengan teman-teman di seluruh indonesia”, Ujar Cindi Natalie .

“Alhamdulilah kegiatan berjalan lancar dan menghasilkan juara-juara yang kompeten, Peserta yang memenangkan cerdas cermat ini akan mendapatkan trophy, e-sertifikat, uang pembinaan Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada para pemenang untuk terus semangat belajar meskipun sedang dalam masa pandemi”.

“Tidak hanya sebatas apresiasi untuk para pemenang, peserta lomba juga akan mendapatkan pengetahuan baru dan Berkesempatan mengikuti seleksi Beasiswa Siswa Juara Unisma Malang”Ka.Ops menwa Unisma.

Translate »