Menwa UNISMA Hadiri Rakornas BNPB di Bogor

Kepala Provos Resimen Mahasiswa Satuan 836/Macan Putih Universitas Islam Malang Agus Adi Purnawan Yela mewakili Surya Bhirawa Rescue bersama 100 orang relawan Jawa Timur yang bermitra dengan SRPB Jawa Timur turut hadir dalam kegiatan Rapat Kordinasi nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang berlangsung tanggal 3-4 Februari 2020 di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor Jawa Barat.

Rakornas kali ini mengangkat tema “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.”Indonesia dengan lebih dari 17.000 pulau merupakan daerah rawan bencana. Hal tersebut tidak terlepas faktor geografi & hidrometeorologi kawasan nusantara. Bencana suatu keniscayaan menjadi tantangan bersama. Data jumlah bencana dalam kurun 5 tahun terakhir cenderung meningkat.

Kondisi ini menuntut kita untuk bersatu bersinergi dan bekerja sama untuk menyelenggarakan penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana adalah tanggung jawab dan urusan kita bersama.

Rakornas 2020 dihadiri langsung oleh Bpk. Ir. Joko widodo serta tamu undangan terhormat seperti anggota MPR DPR RI serta para Gubernur dan Walikota.
Peserta Rakornas 2020 sebanyak “sekitar 10.000 orang dari Sabang sampai Merauke” ujar Bpk. Letjend Doni Monardo selaku kepala BNPB.

Presiden RI Bpk. Ir. Joko Widodo memberikan arahan kepada seluruh peserta yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa “Bencana yang terjadi terus meningkat olehnya kita butuh solusi-solusi yang permanen untuk penanggulangan bencana”.
Selain itu beliau menekankan kepada seluruh elemen masyarakat baik dari pemerintah pusat dan daerah untuk senantiasa bersinergi melakukan penanggulangan bencana.

Translate »