Menjadi Praktikan Yang Sukses, Pesan Khusus Untuk Mahasiswa FKIP Unisma Muhammad Yunus

Menjadi Praktikan yang Sukses, Pesan Khusus untuk Mahasiswa FKIP Unisma Muhammad YunusMenjadi Praktikan yang Sukses, Pesan Khusus untuk Mahasiswa FKIP Unisma
Muhammad Yunus

BAGI Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ada dibawah naungan Kemristekdikti maupun Kemenag, bulan ini adalah bulan untuk menyelenggarakan kegiatan Praktik Penglaman Lapangan (PPL). Sebuah kegiatan akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa. Tentu dibutuhkan mental dan persiapan yang baik. Jika tidak maka pengalaman pahit dapat dirasakannya.

Berikut penulis mencoba berbagi pengalaman bagaimana agar sukses dalam menjalankan kegiatan PPL ini.

Siapkan Mental yang Baik
Mental adalah pondasi utama membagun kepercayaan diri yang tinggi. Mental yang kurang  terasah dengan baik meskipun mempunyai penguasaan materi yang baik dapat mengacaukan segalanya. Seorang praktikan sebisa mungkin dapat mengendalikan emosinya dan percaya diri ketika mengajar di kelas. Godaan bisa saja datang, tapi selama praktikan dapat menguasai dengan baik, semuanya akan baik-baik saja.

Kuasai Materi Pembelajaran
Tentu ini adalah kewajiban bagi seorang guru untuk menguasai materi yang ada. Penguasaan materi adalah kunci keberhasilan. Dalam era informasi saat ini, materi dengan mudahnya didapat oleh siswa, tapi kemasan materi yang menarik akan membawa nuansa tersendiri bagi siswa. Olehnya, materi yang dibawa selain dikuasai dengan baik lakukan variasai kegiatan, kreatif dan inovatif.

Gunakan Strategi yang Menyenangkan
Menjadi praktikan tentu menjadi guru baru dalam perspektif siswa. Siswa akan membandingkan guru asli dan guru praktikan. Olehnya bagaimana membawa kegiatan yang menarik didalam kelas sehingga siswa merasa senang adalaj entri poin untuk memikat hati siswa. Kegiatan yang menarik saat ini dapat mencontoh apa yang ada di channel youtube.

Kuasai Lingkungan Sekolah
Menjadi praktikan adalah menjadi warga baru di sekolah tersebut. Mengetahui segala adat kehidupan sekolah adalah kunci suskses berikutnya. Praktikan penting mentaati jam masuk sekolah dan pulangnya, apa yang menjadi kebiasaan, tatibnya seperti apa dan sebagainya. Kebiasaan telat yang mungkin terjadi di kampus jangan sampai dibawa ke sekolah. Jika dilanggar tentu akan menjadi catatan tersendiri.

Berdoa adalah kunci kejayaan
Terakhir tentu kita harus pasrahkan kepada Allah SWT dengan berdoa. Semua yang disebut didepan adalah ikhtiar yang bisa dilakukan. Tentu masih banyak ikhtiar lainnya. Selanjutnya yanh bisa dilakukan adalah menyerahkan semuanya itu kepada Allah SWT. Doa seperti membaca al fatihah, bersholawat atau doa apapun tentu akan membawa nuasa batiniah tersendiri yang itu dapat mengantarkan kesuksesan selama praktikan.

Itulah sedikit strategi bagaimana melaksanakan praktik PPL dengan baik, agar sukses dan tidak menimbulkan masalah di lingkungan barunya.***

Muhammad Yunus. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang.

Translate »