Mahasiswa Unisma Sukses Kembangkan Pembelajaran Robotik

Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) mengenalkan robot pada siswa SMP. Lewat Robo-Learn ini mencoba menyiapkan generasi unggul era revolusi industri 4.0.

Menurut Ramadhan Abdillah, Ketua tim program Rumah Kreatif Mahasiswa (RKM) Unisma, yang menggagas Robo-Learn, bahwa kebutuhan masyarakat terhadap teknologi sangat tinggi. Maka perlu peningkatan pembelajaran pada siswa SMP terutama dalam pengenalan tentang robot.

“Kami sengaja memberikan pengajaran pengenalan tentang robot ini pada SMP yang belum ada ekstrakurikuler robotiknya. Supaya mereka juga paham dan nantinya bisa bersaing dengan sekolah yang lain,” ungkap Ramadhan Abdillah kepada duta.co.

Pasalnya saat ini, kata dia, teknologi sudah menjadi salah satu hal yang tak terlepas dari kehidupan manusia. Serta kini telah memasuki era revolusi industri 4.0 atau industri dunia keempat, di mana teknologi menjadikan segala hal menjadi tanpa batas dan tidak terbatas. Hampir di segala bidang telah memanfaatkan teknologi yang memiliki kecepatan, akurasi dan keandalan untuk penopang produktivitas manusia.

“RKM kami berjudul Robo-Learn; Rumah Robotik Menyiapkan Generasi Unggul Era Industri 4.0. Dengan lembaga pendidikan yang kami sasar SMP Wahid Hasyim Kota Malang,” ujarnya.

Tim RKM Unisma Robo-Learn ini terdiri dari lima mahasiswa lintas fakultas. Di antaranya, Ramadhan Abdillah dari Fakultas Teknik Mesin, Adi Winaryo dari Fakultas Peternakan, Reza Rusmanah dari Teknik Mesin, sedangkan Bayu Setiawan dan Hanif Eko Lutfyanto dari Teknik Mesin juga.

Dijelaskannya, jenis robot yang akan diperkenalkan dalam kegiatan ini adalah robot “Line Followers”, yang merupakan robot sederhana yang berjalan menggunakan sensor untuk mengikuti garis. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan SMP Wahid Hasyim Malang dapat bersaing di bidang teknologi bahkan dapat mengikuti kompetisi robotika tingkat SMP.

RKM Unisma sendiri bukan merupakan sebuah bentuk rumah. Namun merupakan kiasan, yang merupakan wadah kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan program berbasis layanan masyarakat berkelanjutan. Program ini guna menstimulan kreativitas mahasiswa, dengan menggelontorkan dana Rp1 miliar khusus untuk pengembangan kreativitas mahasiswa.

Pihak rektorat juga memberikan reward berupa pemberian ekuivalensi atau pengakuan dengan matakuliah yang relevan bagi mahasiswa yang berhasil menciptakan sebuah kreativitas. Termasuk juga yang berhasil mendapatkan juara di berbagai ajang kompetisi.

Program Rumah Kreatif Mahasiswa (RKM) Unisma ini, akan memberikan dana bagi mahasiswa yang mengajukan penelitian dan lolos seleksi. Program ini diharapkan menjadi pemantik mahasiswa Kampus Hijau ini dalam rangka mengembangkan soft skills yang komprehensif dan memiliki  daya saing tinggi.

Sumber: Duta Masyarakat, 28 April 2020

Translate »