Mahasiswa UNISMA MALANG Kembali Torehkan Prestasi Lolos PIMNAS Tahun 2019

Mahasiswa UNISMA MALANG Kembali Torehkan Prestasi Lolos PIMNAS Tahun 2019Universitas Islam Malang (UNISMA) kembali terus kebanjiran prestasi mahasiswanya. Terbaru, mahasiswa UNISMA menorehkan prestasi sebagai salah satu Tim PKM yang lolos di PIMNAS tahun 2019, sebuah even ilmiah bergengsi bagi mahasiswa di tingkat Nasional.

Sebagaimana diketahui, surat yang ditandatangani Direktur Kemahasiswaan Belmawa Kemenristekdikti, Dr. Didin Wahidin, perihal Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 Nomor : B/2341/B3.1/KM.02.13/2019 Jakarta, 30 Juli 2019, menetapkan 126 Perguruan Tinggi se Indonesia, salah satunya adalah Tim PKM mahasiswa Fakultas MIPA UNISMA Malang.

Tim mahasiswa Unisma kali ini terdiri dari tiga anggota, yakni yang pertama adalah Ria Rismawati dan Immega Adelia Nurdin dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Kemudian satu anggota lainnya ialah Muhammad Nirzham Pradiptha dari Fakultas Peternakan. Ketiganya dibimbing oleh dosen Dr Nurul Jadid Mubarokati SSi Msi, Dosen sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas MIPA Unisma.

Salah satu anggota tim Ria Rismawati menyebutkan, bahwa di daerahnya cukup banyak jerami kering yang tidak dimanfaatkan oleh para petani. Atau bahkan dibakar begitu saja, padahal di dalamnya terdapat kandungan yang sebetulnya bisa dimanfaatkan yakni lignin.

“Jerami kering yang tidak terpakai, dibakar hingga menjadi arang kemudian dihomogenkan dengan air. Setelah itu dicampurkan dengan bakteri Lactobacillus Bulgaricus,” jelas Ria yang juga sebagai ketua tim tersebut.

Tim ini akan mempresentasikan karyanya yang berjudul ‘Optimalisasi Nanolignin Jerami Padi (Oryza Sativa) Melalui Biosintesis Bakteri Lactobacillus Bulgaricus sebagai Biopreservatif Pada Minuman, dalam bentuk oral dan poster dalam ajang PIMNAS ke-32 di Udayana Bali, tanggal 27 – 31 Agustus 2019.

Translate »