Mahasiswa Unisma Malang Dilatih Bidang Pengajaran Dan Pembelajaran

Mahasiswa Unisma Malang dilatih Bidang Pengajaran dan Pembelajaran

Mahasiswa Unisma Malang dilatih Bidang Pengajaran dan Pembelajaran

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisma Malang memiliki visi utama yakni membetuk lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang handal dan bermutu.

Termasuk sebagai pusat keunggulan dan rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi, di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan matematika, dan pendidikan bahasa Inggris dengan dilandasi aqidah Islam Ahlusunnah Waljama’ah.

Dalam upaya mewujudkan visi dan misi tersebut, peningkatan kompetensi mahasiswa dalam bidang pengajaran dan pembelajaran menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara berkala diharapkan mampu menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang tersebut.

Setiap tahun, secara berkala, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melaksanakan PPL. Pelaksanaan PPL FKIP Unisma tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli-21 September 2019. Kegiatan PPL FKIP Unisma tahun ini bekerja sama dengan 25 sekolah mitra di kota dan kabupaten Malang.

PPL juga diikuti oleh 321 mahasiswa dari tiga program studi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika) dan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu PPL-KKN Terpadu, PPL Regular I (bagi yang telah atau sedang menempuh KKN-E), dan PPL Reguler II.

Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, para mahasiswa mengikuti kegiatan pembekalan. Pembekalan dilaksanakan dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 26-27 Juli 2019. Kegiatan pembekalan pada hari Jumat dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB.

Pembekalan pertama diberikan oleh jajaran pimpinan FKIP Unisma, di antaranya Dr. Hasan Busri, M.Pd. (Dekan FKIP Unisma), Dr. Sri Wahyuni M. Pd. (Wakil Dekan I FKIP Unisma), Dr. Sunismi, M.Pd. (Wakil Dekan II FKIP Unisma), dan Hamiddin, S.Pd., M.Pd (Wakil Dekan III FKIP Unisma).

Jajaran pimpinan memberikan berbagai pesan, nasihat, dan motivasi agar mahasiswa mampu memanfaatkan kesempatan luar biasa untuk melakukan praktik pembelajaran yang sesungguhnya di sekolah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan oleh Sekretaris LPPM, Dr. Eko Noerhayati, M.T. Ia menyampaikan betapa pentingnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Ia juga menegaskan bahwa untuk kegiatan yang dilakukan secara terpadu dengan PPL ini berbeda seperti KKN biasanya. Mahasiswa tidak harus melalui prosedur KKN regular dan pergi ke desa, tetapi mahasiswa harus mengoptimalkan aktivitas pengabdian di sekolah.

Kegiatan pembekalan juga dilanjutkan dengan pemberian materi tentang implementasi kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Dr. Sri Wahyuni, M.Pd.

Materi implementasi kurikulum ini diharapkan mampu memahami berbagai konten di dalam kurikulum sebagai dasar menyusun perangkat pembelajaran. Mekipun sudah pernah dipelajari pada saat perkuliahan, tetapi penjelasan terkait materi tersebut menjadi sangat penting bagi mahasiswa FKIP Unisma Malang.

Translate »