Kopma Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang telah mengikuti Pelatihan Kewirausahaan bagi pemuda/mahasiswa di hotel Zam-zam Kota Batu, Jawa Timur, Senin-Rabu (25-27/112019)

Di era yang seperti ini sangat banyak sekali para pelaku-pelaku usaha, dan tombak utama dari koperasi adalah unit usaha yang bisa menghasilkan profit dan bisa mensejahterakan anggotanya.
Untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang usaha baik untuk pengurus dan anggota koperasi perlu adanya pelatihan-pelatihan yang menambah pengetahuan dalam berbisnis, oleh karena itu UPT Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur mengadakan sebuah kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi pemuda/mahasiswa.
Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Zam-zam. Peserta dalam pelatihan kewirausahaan bagi pemuda/mahasiswa tersebut merupakan pengurus maupun anggota koperasi-koperasi yang ada di area Malang, pasuruan dan Surabaya.
Tujuan dari pelatihan ini adalah menciptakan generasi muda yang mampu mencipatakan sebuah usaha/bisnis yang berbasis koperasi maupun pribadi. Kopma “Ilham Ramadhan” Unisma mendelegasikan 4 orang yang terdiri dari 3 pengurus dan 1 anggota Kopma.
Pelatihan tersebut menghadirkan pemateri-pemateri yang sudah expert di bidangnya, salah satunya yakni dari CV Gapura Digital dan Womenwill. Pada proses pelatihan tersebut peserta dibagi 2 kelas agar kondisi lebih kondusif, yakni kelas A dan kelas B. Kebetulan Kopma “Ilham Ramadhan” Unisma bertempat di kelas B yang mayoritas pesertanya dari surabaya.
Ada beberapa materi yang diajarkan pemateri kepada peserta, diantaranya yaitu: wirausaha dan kewirausahaan, perencanaan usaha, pengembangan ide dan peluang bisnis, dan pembukuan usaha sederhana serta pendaftaran usaha di bidang digital (google bisnisku)
Dari keenam materi yang di sampaikan tersebut, beberapa materi sangat menarik perhatian kami untuk di aplikasikan pada usaha kopma yakni mengenai branding, bisnis plan dan legalitas usaha, dimana materi tersebut sangat berpengaruh besar terhadap usaha kopma apabila dapat di praktekkan di Koperasi Mahasiswa Ilham Ramadhan Unisma, karena dapat mengangkat nama kopma sendiri maupun nama kampus di kalangan pemerintah maupun masyarakat.
Harapannya kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda/mahasiswa ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan bagi setiap koperasi-koperasi khususnya Kopma Ilham Ramadhan Unisma. Adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perkembangkan koperasi mahasiswa dalam membuat bisnis yang baik dan terencana dengan matang.

Translate »