Kepala BAKAK UNISMA Jadi Narasumber Webinar “Critical Thinking in English Language Teaching”

Critical Thinking BAKAK UNISMA
Flyer Webinar critical thinking dengan narasumber kepala BAKAK UNISMA.

Kepercayaan kembali diberikan kepada Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Keagamaan (BAKAK UNISMA), Dr. Muhammad Yunus, M.Pd.. Kali ini menjadi Narasumber Webinar “Critical Thinking in English Language Teaching”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Muria Kudus ini dilangsungkan Jumat, 22 Mei 2020.

Kegiatan dengan tema critical thinking dalam pembelajaran bahasa Inggris ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, guru seluruh Indonesia. Total ada sekitar 93 peserta hadir dalam kegiatan tersebut. Hadir sebagai pembicara Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMK, Kudus. Dalam paparannya Dr. Yunus banyak menyampaikan tentang bagaimana proses critical thinking dan bagaimana cara mempertahankan seseorang agar memiliki keterampilan critical thinking.

Dari hasil penelitian yang dilakukan tahun 2015, Dr. Yunus menyampaikan bahwa kata kunci dari seseorang untuk menjadi critical thinker adalah membaca. Membaca adalah kunci utama untuk menjadi kritis. Selain membaca harus diimbangi dengan beberapa kegiatan untuk melatih berbicara seperti debat, academic controvercy, membaca jurnal, dan mengkritisi jurnal.

BAKAK UNISMA
Tampak Kepala BAKAK UNISMA, Dr Yunus, sedang mempresentasikan materinya.

Sementara itu Dr. Hilal banyak menyampaikan tentang definisi critical thinking dan bagaimana mengelola critical thinking dalam pembelajaran bahasa. Berbagai pertanyaan kritis muncul. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

 

MAteri presentasi Dr Muhammad Yunus dapat diunduh di link berikut.

Defining and Becoming Critical Thinkers

 

Translate »