KEPALA BAKAK UNISMA JADI HOST SEMINAR NASIONAL

Era pandemi covid-19 membawa perubahan dunia pendidikan Indonesia. Setidaknya ditandai dengan mewabahnya webinar, seminar dalam bentuk daring menggunakan platform tertentu. Hal ini terbukti diselenggarakannya Seminar Nasional “Belajar dari Covid-19” yang diselenggarakan Jalin Pena, Sabtu, 16 Mei 2020.

Kegiatan Seminar Nasional ini terlihat istimewa karena dihadiri langsung oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Bapak Dr. Iwan Syahril, Ph.D. Beliau hadir sekaligus sebagai keynote speaker dalam kegiatan ini. Selain Pak Iwan hadir sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Dr. Widya dari Universitas Negeri Makassar.

Kegiatan seminar yang diikuti oleh hampir 300 peserta ini berlangsung selama hampir 3 jam. Platform zoom yang digunakan dipimpin langsung oleh Dr. Muhammad Yunus, M.Pd., Kepala BAKAK Unisma sekaligus bertindak sebagai moderator dan host dalam kegiatan ini.

Dalam paparannya Pak Direktur banyak menyampaikan perlunya inovasi pendidikan. Menurut Pak Iwan, pandemi covid-19 memiliki dampak positif yakni menumbuhkan inovasi pembelajaran bagi guru. inovasi menurutnya adalah merasa nyaman dengan ketidaknyamanan. Sementara itu Prof. Munawir yang menyampaikan tentang Pendidikan khusus anak berkebutuhan khusus dampak dari pandemi seperti apa. Menurut Prof. Munawir, baik anak yang berkebutuhan khusus ataupun anak yang pinter sama-sama membutuhkan perhatian. Guru Besar bidang pendidikan khusus ini banyak menyampaikan materi berdasarkan fakta data dilapangan. Dalam closing statementnya Prof Yusuf menyampaikan tentang tiga hal:

1.Pembelajaran Daring bagi ABK pada masa pandemi cendeung kurang  efektif disebabkan kurang adanya kesiapan sekolah, guru, orangtua dan peserta didik.

2.Permasalahan pembelajaran daring bagi ABK tidak semata-mata bersumber dari kondisi ABK, tetapi juga faktor sekolah, guru, orangtua, dan ketersediaan jaringan dan akses teknologi informasi.

3.Banyak pelajaran positif yang bisa diambil akibat pandemi covid-19 untuk pendidikan dan guru di masa depan.

Sementara itu, Dr. Widya banyak menyampaikan model praktik PPL selama masa pandemi covid-19.

Dr. Muhammad Yunus menyampaikan kebanggaanya  karena seminar ini berjalan dengan lancar. Infonya webinar ini akan dilakukan secara berseri. Diketahui kegiatan ini tidak dikenai biaya apapun. Namun demikian peserta mendapatkan materi dan sertifikat.

Tampak Dr. Iwan Syahril, Ph.D. Direktur GTK Kemdikbud, sedang menyampaikan materi. BAKAK UNISMA. bakak.unisma.ac.id
Tampak Kepala BAKAK UNISMA, Dr. Muhammad Yunus, M.Pd. sedang memandu acara. BAKAK UNISMA. bakak.unisma.ac.id
Prof. Munawir Yusuf sedang menyampaikan materi tentang Pendidikan Khusus selama pandemi covid-19. BAKAK UNISMA. bakak.unisma.ac.id
Translate »