Kamapala RPA Unisma Siap Berkarya Dan Beprestasi

Sebelum berdirinya “KAMAPALA” “Ranti Pager Aji” di bawah naungan Universitas Islam Malang, Organisasi ini di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP) yaitu tepatnya pada tahun 1986 dan setelah terbentuk Organisasi ini sempat vakum selama 3 tahun. Tahun 1989 Organisasi berdiri kembali berdasarkan Surat Keputusan Badan Koordinasi Kemahasiswaan Nomor : 140/L.16/U.IX.1989 tentang Pengangkatan Pengurus Unit Aktivitas. Surat keputusan ini merupakan awal dari keberadaan KAMAPALA “Ranti Pager Aji” dibawah naungan Universitas Islam Malang dan selanjutnya tanggal 10 Desember 1989 Organisasi ini diresmikan oleh Bapak Pembantu Rektor III Universitas Islam Malang, Drs. H. Abdul Ghofur yang selanjutnya disusul dengan turunnya Surat Keputusan Badan Koordinasi Kemahasiswaan Nomor : 04/L.16/U.II/1990 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KAMAPALA “Ranti Pager Aji” Universitas Islam Malang. Nama tersebut merupakan nama pemberian dari Rektor Universitas Islam Malang yang pertama yaitu Bapak KH. Oesman Manshoer (Alm).

Di dalam Unit Kreativitas Mahasiswa KAMAPALA “Ranti Pager Aji” Universitas Islam Malang bertujuan membina mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT, cinta almamater, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan membentuk Mahasiswa yang berkepribadian luhur, kreatif, dinamis serta ikut bertanggung jawab atas pelestarian, keselarasan dan keseimbangan alam yang berwawasan lingkungan hidup. Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam “Ranti Pager Aji” mempunyai Orientasi kegiatan dalam bidang Olah Raga ,Sosial,Ilmiah, Rekreasi. Olah Raga (Orientasi olah raga meliputi dialam bebas seperti: Panjat tebing, Orad (olah raga arus deras/Arung jeram), pendakian, penyusuran goa, dll), Sosial (Orientasi pada kegiatan sosial meliputi pendampingan masyarakat melalui bakthi sosial, siaga SAR, Peduli pada bencana alam), Ilmiah (Orientasi kegiatan ilmiah ini tak lepas kita sebagai mahasiswa yang meliputi kegiatan Konservasi, penelitian di bidang lingkungan serta sosial masyarakat), Rekreasi (Orientasi kegiatan rekreasi meliputi semua kegiatan yang mampu memberikan nuansa kesegaran baik rohani dan jasmani) Kamapala “Ranti Pager Aji” dalam kegiatannya dibagi dalam beberapa Divisi antara lain :
1. Divisi Mountainering & SAR. Navigasi (Divisi yang menkoordinir kegiatan pendakian dan explorasi gunung hutan,serta kegiatan pemetaan jalur baik jalur pendakian,jalur pengarungan di sungai,kegiatan siaga SAR)

2. Divisi Rafting (Arung Jeram ) (Divisi yang menkoordinir kegiatan pengarungan sungai , pemetaan sungai)

3. Divisi Caving ( Penelusuran Gua ) (Divisi yang mengkoordinir kegiatan penelusuran gua (exsplorasi) dan pemetaan gua (Mapping)

4. Divisi Konservasi (Divisi yang mengkoordinir kegiatan penelitian serta kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan hidup)

5. Divisi Rock Climbing (Divisi yang mengkoordinir kegiatan pemanjatan, baik panjat tebing ataupun di Wall Climbing)

Bangsa yang besar senantiasa mensyukuri anugerah Tuhan dan melestarikannya…

 

Unit Kreativitas Mahasiswa KAMAPALA “Ranti Pager Aji” Universitas Islam Malang telah berulang kali mengikuti ajang perlombaan dan mengukir prestasi, diantaranya :

  1. Juara Harapan 1 Kebut Dayung se-Indonesia di Mapala Tapak Giri Universitas Islam 45, Bekasi, Jawa Barat 2017
  2. Juara 3 Kebut Dayung se-Indonesia di Mapala Tapak Giri Universitas Islam 45, Bekasi, Jawa Barat 2018
  3. Juara 2 Cooking Adventure National di Mapala Pawitra Uniersitas PGRI Adi Buana, Surabaya 2019
Translate »