Generasi Entrepreneur dari Alumni UNISMA

Generasi entrepreneur adalah generasi dengan kepribadian yang menginginkan perubahan. Cirinya adalah senantiasa berfikir kritis dan tidak puas dengan keadaan yang berlaku. Harapannya adalah terciptanya kehidupan yang lebih baik dan lebih maju. Pikiran yang kritis dan aksi nyata adalah langkah awal menciptakan perubahan yang lebih baik, yang itu merupakan idaman bangsa dan negara ini.

Seorang pemuda harus memiliki nalar kritis karena kemampuan ini akan menempatkan diri mereka dalam perubahan zaman yang tak bisa dibendung. Nalar kritis mampu mendorong pemuda untuk membaca tanda-tanda zaman. Mampu membaca peluang sekaligus memiliki keyakinan bahwa disetiap masalah pasti ada solusi, dan di setiap krisis pasti ada kesempatan.

Pendidikan tinggi sebagai kawah candradimuka mendidik generasi bangsa harus bisa mewadahi mahasiswanya mengembangkan nalar kritis ini agar tercipta generasi entrepreneur. Unisma Malang telah melakukan itu, dan kesempatan kali ini kita akan membahas “GENERASI ENTREPRENEUR” dengan menghadirkan alumni-alumni UNISMA Malang yang telah berkiprah dan mewarnai masyarakat khususnya dunia entrepreneurship.

Pentingnya entrepreneur inilah Rektor Universitas Islam Malang mengundang alumni-alumni hebat dari UNISMA yang telah berkiprah dan mewarnai masyarakat dalam kajian Kampus Ramadhan khusus tema Generasi Entreprenur, Selasa, 21 April 2020.

Hadir dalam acara itu: Pertama : H. M. Sofiyullah, SE, Owner Bandung Super Model (BSM) Alumni FE Unisma.
Kedua : Zainuddin Ahmad Maky, SE, Owner Meteor Cell, Malang, alumni FE Unisma, dan ketiga Mas Bayu Direktur salah satu PT di Blitar.

Pertanyaan Rektor sekitar:

Pertanyaan.
1. Bisa diceritakan perjalanan karir saudara berkiprah di dunia entrepreneur?
2. Apa yang bisa saudara bagi sahabat milenial agar seorang pemuda itu berjiwa entrepreneur?
3. Al Quran sebagai kita suci umat Muslim tidak hanya berisi hukum-hukum agama saja, tetapi disitu ada anjuran untuk kita melakukan entrepreneur, misalnya saja dalam QS Al Jum’ah yang sangat populer itu, Allah berfirman:

4.                
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Artinya dalam ayat ini Allah berpesan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan, bagaimana saudara melihat ayat ini dana pa yang sudah saudara lakukan khususnya dalam hal kesempatan itu?
4. Perubahan zaman adalah keniscayaan, tapi generasi yang hebat adalah yang mampu menjawab perubahan itu. Apa yang ingin saudara sampaikan bagi sahabat milenial terkait perubahan zaman ini?
5. Bisa disampaikan kata kunci agar kita terus melakukan entrepreneur dalam kehidupan kita?

Di akhir sesi Rektor memberikan quote yang sangat menarik, yaitu:

“Generasi entrepreneur adalah generasi idaman bangsa. Mempersipakn generasi muda berjiwa entrepreneur sejatinya mempersiapkan bangsa ini agar tetap sustain (berkelanjutan). Bangsa yang besar adalah bangsa dengan generasi mudanya yang mampu menjawab tantangan zaman dan mampu meneruskan bahkan melebihi capaian-capaian generasi sebelumnya. Menjadi generasi entrepreneur adalah langkah tepat menjawab tantangan zaman karena dia mampu menciptakan peluang, bukan mencari peluang.”

Translate »