Berprestasi Meraih pendanaan PHBD, Mahasiswa Teknik Mesin UNISMA Kembangkan Potensi Wisata Banyu Umbulan Desa Pamotan

Mahasiswa Fakultas Teknik UNISMA, dalam hal ini Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) berprestasi dalam meraih pendanaan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2019 yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI. Tim PHBD Himpunan Mahasiswa Mesin ini beranggotakan 10 orang mahasiswa dari tiga angkatan yang berbeda. Pedanaan ini didasarkan pada proposal mahasiswaa dengan judul “Pengembangan Wisata Edukasi Banyu Umbulan Dan Sentra Kopi Berbasis Teknologi Melalui Pemberdayaan Masyarakat Lulusan Sekolah Rakyat Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang”

“Program ini kami buat dengan melihat potensi SDA yang sangat besar di Desa Pamotan, terutama Ds. Umbulrejo. Di desa ini terdapat objek wisata pemandian umbulan yang memiliki keindahan alam dan potensi yang besar untuk dikembangan menjadi objek wisata alam dan edukasi, sayangnya potensi ini tidak terkelola dengan baik, dan kurang dikenal oleh masyarakat”, ungkap Moh. Nur Ramadhan Abdillah selaku ketua tim. “Dalam program ini kami juga mengenalkan masyarakat pada teknologi berupa pembangkit listrik mikrohidro dan filtrasi air, sebagai salah satu objek wisata di desa tersebut. Hal yang tidak kalah penting dalam program ini adalah pendampingan dalam pengelolaan dan manajemen objek wisata dengan harapan dapat dikenal oleh wisatawan domestik bahkan mancanegara”, tambah ketua tim.

Menurut Ismi Choirotin ST., MT., MSc, selaku dosen pendamping, pendanaan dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, KEMENRISTEKDIKTI, memberi peluang bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dan mengembangkan soft skill nya disamping kemampuan akademik yang dimiliki. “Lulusan Fakultas teknik UNISMA harus memiliki kemampuan akademik yang baik, memiliki kepedulian dan selalu memberi manfaat kepada masyarakat luas” Ujar dosen teknik mesin ini.

Translate »